Cara Sederhana Membedakan Suku Cadang Asli dan Palsu

  • Super Administrator
  • Artikel
  • 3511 Views

PEMAKAIAN suku cadang asli atau onderdil orisinil menjadi hal yang harus diperhatikan para pemilik kendaraan. Jika sembarangan memakai onderdil, dengan sengaja menggunakan barang palsu atau tertipu oleh oknum pemilik toko/bengkel dapat membuat kendaraan Anda cepat rusak.

Bila tidak diperhatikan, biaya perawatan kendaraan justru akan lebih tinggi karena harus sering mengganti suku cadang. Bahkan, bila cara kerjanya tidak sesuai bisa merembet pada kerusakan komponen lain.

Selain itu, penggunaan suku cadang palsu dapat membahayakan keselamatan pengendara akibat kerusakan fatal di tengah perjalanan.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut cara sederhana membedakan suku cadang asli dan palsu:

1. Harga Produk

Suku cadang asli biasanya memiliki harga lebih mahal dari produk palsu. Hal ini karena selain terbuat dari bahan kualitas terbaik, produk resmi biasanya dikenakan pajak.

Bila Anda mendapat penawaran suku cadang yang lebih murah, sebaiknya dipertimbangkan matang agar kendaraan Anda awet alias berumur panjang.

2. Kemasan Produk

Suku cadang asli biasanya memiliki kemasan lebih baik dan rapi. Di mana bahan dan warna kemasan sesuai dengan standar produsen.

Selain itu, untuk onderdil asli biasanya dilengkapi sticker hologram, barcode/part number yang sesuai, dan huruf atau logo yang lebih jelas.

3. Garansi Produk

Untuk produk suku cadang asli biasanya memiliki garansi resmi dari produsen atau agen pemegang merek (APM) kendaraan. Sementara suku cadang palsu biasanya hanya garansi toko atau distributor.

Dengan kegiatan penjualan dan logistic piston ring, cylinder liner, valve seat dan valve guide, kami berkontribusi untuk terciptanya lingkungan yang baik dan masyarakat yang sadar akan pelestarian lingkungan (Green community)